Enter your keyword

Penerimaan Mahasiswa Baru

Pelamar Program Doktor ITB harus dapat memenuhi persyaratan-persyaratan berikut:

  • Telah mengisi formulir pendaftaran
  • Memiliki indeks prestasi (IP) program magister minimum 3,00 (Dibuktikan dengan Ijazah dan transkrip nilai)
  • Lulus 3 tahapan seleksi (Kelengkapan dokumen, Seleksi Kemampuan Bahasa dan TPA**, dan Seleksi pada Tingkat Program Studi)
  • Telah mempunyai calon Pembimbing Utama, sebelum mendaftar sebagai calon mahasiswa. Untuk pertimbangan, silakan kunjungi laman profil calon Pembimbing yang ada di lingkunagn Program Studi Doktor Biologi SITH-ITB.
  • Melunasi biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB.

** Pada rentang waktu yang ditentukan

  1. Seleksi kelengkapan dokumen persyaratan, terdiri atas:
    • Pas Foto
    • Ijazah/bukti kelulusan dari tahapan pendidikan sebelumnya (S1/D4 dan S2*)
    • Transkrip dari tahapan pendidikan sebelumnya (S1/D4 dan S2*)
    • Proposal penelitian
    • Bukti kepemilikan asuransi kesehatan
    • Rekomendasi dari 2 (dua) orang (dosen atau atasan)
    • Surat kesediaan mengikuti Program Pascasarjana ITB
    • Surat pernyataan kesanggupan membiayai Program Pascasarjana ITB
    • Surat pernyataan keaslian dokumen
  2. Seleksi bukti lolos nilai minimum TPA Bappenas dan lolos nilai minimum TOEFL/IELTS/ELPT ITB 
    Jenis TesNilai Minimum
    Tes Potensi Akademik
    TPA Bappenas475
    Tes Kemampuan Bahasa (Salah satu)
    TOEFL iBT
    TOEFL ITP
    TOEIC
    IELTS
    ELPT ITB
    56
    475
    500
    5.0
    77
  3. Seleksi Program Studi (Wawancara), dengan gambaran materi :
    • Motivasi
    • Arah Penelitian
    • Wawasan (khususnya terkait pemahaman bidang)
    • Pengalaman dalam Kerja Kelompok/Penelitian
    • Pendanaan/Sumber Biaya/Sponsor
    • Kendala Nonteknis (diluar proses belajar akademik dan berpotensi mempengaruhi keberhasilan calon mahasiswa)

*) Pendaftar Program Penyatuan Magister-Doktor (PPMD) tidak melampirkan ijazah s2

Silakan kunjungi laman AdmissionITB untuk proses pendaftaran dan informasi lebih lanjut seputar perkembangan proses seleksi mahasiswa Program Doktor SITH-ITB.

A. Program Doktor Kemitraan (PDK)

Sebagai informasi tambahan, calon mahasiswa PDK dapat mengganti persyaratan TPA dengan berkas portofolio yang mencakup :

  • Pengalaman kerja minimum 3 tahun yang relevan dengan bidang keilmuan yang akan ditempuh di ITB
  • Pengalaman penelitian/profesional yang relevan
  • Training/pelatihan yang relevan, baik di dalam maupun di luar negeri
  • Daftar publikasi pada jurnal internasional, jurnal nasional, seminar nasional, dan/atau seminar internasional yang dilengkapi dengan reputasi jurnal dan/atau seminar tersebut berupa keterangan indeks, seperti : Scopus, Thomson Reuters, dll.
  • Daftar hak paten yang dimiliki (bila ada)

Terkait persyaratan berkas, selain persyaratan yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya terdapat persyaratan tambahan bagi calon mahasiswa PDK, yaitu :

  1. Perjanjian Kerja Sama (PKS) atau Memorandum of Agreement (MoA) antara instansi asal calon mahasiswa dan ITB terkait pelaksanaan Program Doktor Kemitraan ITB. Perjanjian Kerja Sama (PKS) atau Memorandum of Agreement (MoA) tersebut mencakup :
    • Nama calon mahasiswa yang bersangkutan
    • Nama calon anggota tim pembimbing dari instansi mitra
    • Rencana studi
    • Kesepakatan publikasi bersama
    • Operasional perkuliahan dan penelitian
    • Nama wakil institusi mitra dan wakil ITB yang bertanggung jawab
    • Mekanisme joint supervision jika memungkinkan
    • Mekanisme pemberdayaan fasilitas yang tersedia di institusi mitra
    • Mekanisme operasional kurikulum
    • Pembiayaan kegiatan, termasuk Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) serta pembiayaan lainnya, seperti Biaya Penelitian, Biaya Operasional Kerja Sama, Publikasi, Seminar Internasional, dll.
  2. Rekomendasi dari calon ketua tim pembimbing kepada program studi yang dituju di ITB. Surat Rekomendasi tersebut diisi di laman pendaftaran mahasiswa pascasarjana ITB oleh pemberi rekomendasi, melalui tautan khusus yang akan dikirimkan ke alamat e-mail pemberi rekomendasi.
X