Profil

Program Studi Doktor (S3) Biologi SITH ITB menyelenggarakan pendidikan tingkat doktoral yang memberikan kompetensi bagi calon lulusan untuk menjadi peneliti mandiri dalam bidang Biologi yang berorientasi kepada Biosains, Bioteknologi dan Biomanajemen.  Pendidikan Program Doktor Biologi ITB terdiri dari 4 tahap pendidikan yaitu:

1. Tahap Kualifikasi

Mahasiswa harus lulus ujian kualifikasi sebagai tanda bahwa mahasiswa memiliki kualifikasi yang memadai sebagai kandidat doktor.

2. Tahap Proposal

Penyusunan proposal penelitian disertasi dengan bimbingan Tim Pembimbing.

3. Tahap Penelitian

Proses penelitian disertasi. Hasil penelitian dipresentasikan setiap akhir semester di SITH.  Hasil penelitian dapat dipresentasikan di seminar nasional/internasional dan dipublikasikan di jurnal nasional/internasional.

4. Tahap Disertasi

Penulisan dan ujian disertasi.

 

Mahasiswa Program Studi Doktor (S3) Biologi dibimbing oleh Tim Pembimbing yang terdiri dari Promotor dan ko-promotor.  Promotor adalah anggota Kelompok Keilmuan di SITH-ITB yang telah memiliki lisensi untuk menjadi promotor.  Ko-promotor bisa berasal dari anggota Kelompok Keilmuan di SITH-ITB, Kelompok Keilmuan di Fakultas/Sekolah lain di ITB, peneliti dari luar ITB, baik yang dari dalam negeri atau dari luar negeri.